Langsung ke konten utama

Waspadai Pinjol Siap Menerkam Anda

Tahukah Anda tentang bahaya pinjaman online ilegal?

Sumber: https://www.polresjogja.com/

Fenomena maraknya pinjaman online (pinjol) tentunya meresahkan masyarakat. Tidak hanya merugikan orang yang berhutang, tetapi juga orang-orang terdekat atau orang-orang di sekitarnya. Sebagian besar kasus disebabkan oleh Kebutuhan ekonomi yang mendesak. Namun, ada juga yang sengaja meminjam untuk bersenang-senang. Benar-benar miris!

Mudahnya persyaratan untuk mendapatkan uang secara instan, tentunya membuat banyak orang gelap mata. Meminjam uang dalam nominal yang besar, tanpa pikir panjang mengenai waktu atau deadline pengembalian yang ditetapkan. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang gelap mata akibat judi online yang juga sedang marak terjadi.

Waspadai pinjol siap menerkam Anda! Hidup akan sengsara jika terjerat pinjol illegal. Para penagihnya tidak berperikemanusiaan saat menagih para pengutang yang lama atau gagal bayar. Fenomena yang menyeramkan ini sedang trending dan berlangsung dalam kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tergerak untuk mengadakan seminar yang berjudul “Bahaya Penyalahgunaan Data Pribadi dalam Pinjaman Online Ilegal”. Benar-benar menarik bukan? Oleh sebab itu, penulis sangat tertarik untuk ikutan.

Sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan tentang Pinjaman Online Ilegal

Sebagai salah satu pesertanya, penulis lebih sadar tentang badan atau institusi yang menyediakan pinjol sehingga bisa membedakan mana yang legal dan illegal. Penasaran seperti apa? Simak ulasan berikut ini ya!

Perbedaan Pinjol Legal dengan Pinjol Ilegal

Sumber: x.com 


1. Dari Segi Bunga dan Denda

Pinjol illegal biasanya tidak terbuka tentang besaran bunga, bahkan bisa menerapkan biaya dan denda maksimal yang sangat besar. Sedangkan pinjol legal pasti menginformasikan ketentuan tentang biaya, bunga, dan denda maksimal sebelum seseorang mengajukan pinjaman online sehingga mereka tidak akan tertipu pada akhirnya.

2. Dari Segi Penagihan

Pinjol illegal biasanya melakukan penagihan dengan cara yang kasar, tidak manusiawi, dan tidak jarang melanggar hukum. Mereka akan mendatangkan algojo-algojo berbadan besar untuk mengancam para pengutang yang gagal bayar.

Bila dibandingkan dengan Pinjol Legal tentu saja berbeda. Pinjol legal wajib mengikuti sertifikasi atau aturan penagih oleh AFPI. Oleh karena itu, penagihan dilakukan dengan manusiawi dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh badan usahanya.

3. Dari Segi Syarat Pinjaman

Pada pinjaman online ilegal, syarat pinjaman sangat mudah, bahkan tanpa tanya keperluan pinjaman. Tak ayal, banyak orang terbuai dengan hal ini sehingga mereka segera mengajukan pinjaman online tanpa pikir panjang tentang akibat atau dampak yang akan terjadi.

4. Dari Segi Aduan Pelanggan

Pada pinjaman online ilegal, aduan para pelanggan biasanya tidak ditanggapi dengan baik. Para petugasnya tidak peduli dengan kondisi para peminjam karena mereka hanya mengutamakan uang. Asalkan mereka untung besar, hal-hal lainnya tidak dianggap penting.

Berbeda dengan pinjaman online legal, pinjaman online legal justru menyediakan sarana pengaduan dan wajib ditindaklanjuti oleh petugasnya karena harus dilaporkan kepada OJK dan AFPI.

5. Dari Segi Akses Data Pribadi

Pinjaman online illegal akan meminta izin seluruh data pribadi dalam smartphone penggunanya untuk disalahgunakan saat penagihan. Bahkan, tak jarang mereka akan memanfaatkan data pribadi untuk memeras anggota keluarga atau kerabat dari pengutang.

Sedangkan pada pinjaman online legal hanya meminta akses kamera, microphone, dan Lokasi pada smartphone calon peminjam. Tidak akan ada tindakan yang merugikan karena mereka sadar akan peraturan yang diterapkan oleh OJK.

6. Dari Segi Identitas Badan Usaha

Badan usaha yang melakukan pinjaman online illegal biasanya tidak memiliki identitas yang jelas dan kantornya bersifat fiktif. Tidak akan ada pencantuman hal-hal tersebut pada website atau aplikasi pinjaman yang digunakan oleh para peminjam.

Badan usaha yang melakukan pinjaman online legal  pasti mencantumkan identitas resmi dan logo OJK, termasuk Alamat kantor yang jelas pada website dan aplikasi mobile phone mereka. Para peminjam mungkin bisa mendatangi secara langsung untuk memastikan keberadaan sebuah badan usaha penyedia pinjaman online tersebut.

7. Dari Segi Persetujuan Ajuan Pinjaman

Pinjaman online illegal pasti akan memberikan persetujuan ajuan pinjaman secara cepat dan tidak memikirkan nominal yang diajukan. Sedangkan pinjaman online legal tentu akan melakukan seleksi secara ketat sehingga tidak semua pengajuan akan disetujui, terutama bagi orang-orang yang memiliki catatan buruk dalam peminjaman.

sumber: x.com

Berhati-hatilah dengan social engineering! Apa itu social engineering? Social engineering adalah sebuah cara untuk memanfaatkan peluang akibat adanya kecerobohan dari peminjam yang telah membocorkan data pribadinya sehingga penyalahgunaan data sangat mudah untuk dilakukan.

Yuk mulai mawas diri akan bahaya pinjaman online! Tidak ada untungnya terjerat pinjaman online, kecuali memang sangat mendesak atau memang butuh untuk kegiatan wirausaha yang sudah diketahui keuntungan yang akan didapatkan sehingga bisa membayar utang secara pasti. Waspadai juga sistem paylater saat ini karena banyak yang illegal lho.

 

Komentar

  1. Ngeri banget klo bahas pinjol mah, syukurnya saya gak pernah pake pinjol apalagi paylater, bahaya bgt itu....




    Newsartstory

    BalasHapus
  2. Pinjol emang bahaya banget. Lebih milih mengatur keuangan sedemikian rupa daripada minjam ke Pinjol. Kalaupun akhirnya terpaksa meminjam uang/dana. Lebih baik meminjam ke saudara dekat yang emang udah kita kenal dengan baik atau memang cukup mampu sehingga punya dana dingin untuk nominal kecil. Kalau untuk nominal besar, emang paling bener ngajuin pinjaman ke Bank sehingga rasa pertanggungjawabannya itu ada dan semangat melunasinya pun juga membara.

    BalasHapus
  3. Salah satu hal yang paling kuhindari adalah menggunakan layanan pinjol termasuk layanan paylater. Seringkali pihak-pihak yang terjerumus ini tergiur sama bunga yang kecil dan ringan tanpa cross check di data OJK apakah pinjol dan paylater dari pihak tertentu ini benar-benar memiliki cashflow yang baik. :(

    BalasHapus
  4. Semoga dijauhkan dari pinjol. Meskipun ada layanan yang legal dan mendapakan izin OJK, sebisa mungkin menghindari pinjol. Ngeri.

    BalasHapus
  5. Tentang pinjol ini, rasanya gak kurang-kurang ada betita bahwa bnyak mudaratnya, bahayanya, tapi kenapa masiih aja orang terjebak pinjol, bahkan ada pula guru minjam pinjol buat nerusin S2.

    BalasHapus
  6. Sangat setuju dengan tulisan ini. Saya punya teman yang sampai depresi karena terlilit utang pinjol. Bunga dan denda yang sangat tinggi membuat hidupnya sulit. Mari kita sama-sama sebarkan informasi ini agar lebih banyak orang yang waspada.

    BalasHapus
  7. Pinjol tidak hanya meresahkan untuk peminjamnya, tetapi orang-orang yang nomor kontaknya dijadikan kontak keluarga terdekat si peminjam ke pihak pinjol, walhasil kalau ada masalah kita yang tidak tahu apa--apa bisa ikut diteror juga

    BalasHapus
  8. Seram banget ya Pinjol itu, apalagi yang ilegal, baiknya sih emang dijauhin.
    semoga kita gak terbawa atau terseret pusaran pinjol, baca-baca berita tentang korbannya aja sudah menakutkan.

    BalasHapus
  9. Ngeri banget kalau bicara pinjol y, apalagi sama keamanan data pribadi yang sering bocor dan disalahgunakan untuk pinjol. duh amit2 deh jangan sampai kejadian yess....

    BalasHapus
  10. Naudzubillah.. Serem banget memang iming² pinjol ini yaa.. kalo yg 'buta' informasi, bukan gak mungkin bakal terjebak ini, huhu..

    BalasHapus
  11. Pinjol sekarang tuh makin menjamur ya, apalagi dengan iming iming ga pake jaminan, langsung cair, bunga rendah, dll. Apalagi iklannya juga makin masif di medsos. Tapi padahal banyak ruginya kalau diitung tuh pakai pinjol

    BalasHapus
  12. Jujur yang legal dan ilegal aku bingung soal pinjol ini..karena kayanya semua pinjol pake aplikasi kan.. semoga kita bisaterhindar dari hal-hal yg menakutkan karna pinjol yaa.. amin..

    BalasHapus
  13. Lagi marak banget emang orang yg terjerat pinjol ilegal. Semoga makin banyak yg teredukasi jadi gak akan ada korban lainnya. Btw, aku baru tau juga ternyata sekarang ada paylater yg ilegal ya. Harus cek dan cari tau bener2 dulu aplikasi paylater yg dipake biar gak terjerat yg ilegal gini karna banyak merugikan.

    BalasHapus
  14. Seram sekali urusan dengan pinjol ilegal ini. Pernah baca, salah satu profesi yang sering terjerat pinjol adalah guru dan mereka melakukan itu karena bener-bener kepepet untuk pemenuhan kebutuhan primer. Duh, prihatin banget.

    BalasHapus
  15. sesusah-susahnya aku semoga dijauhkan dari pinjaman apa pun termasuk pinjol ini. kalo kita udah masuk dalam ranah ini maka sudah masuk jerat hidup dan mati, semoga kita semua murah rezeki dan dijauhkan dari utang aamiin

    BalasHapus
  16. Ngeri banget kalau udah pinjol ini. Sesusah2nya keadaan jangan sampe terjerat pinjol pliiss.. Karena bakal makin susah dan kesiksa sama tagihannya

    BalasHapus
  17. Setuju banget. Harus hati-hati dengan pinjaman online ini. Kemudahan yang diberikannya bisa membuat terlena. Kudu bener-bener dipikirkan perlu-tidaknya dan ada-tidaknya kita bisa bayar. Jangan terserah nanti. Baik pinjol legal ataupun ilegal. Soalnya sekecil apapun minjol, kalo gak dipikir dengan masak, pasti ujungnya akan terbelit utang pinjol yang banyak. Udah banyak deh contohnya di sekitar kita. Hati-hati. Lebih baik jangan minjol!

    BalasHapus
  18. Semoga kita semua diberi kecukupan rezeki dan dijauhkan dari berutang ya aamiin.
    Setuju banget untuk mewaspadai pinjol, apalagi sekarang mainnya tuh aluuuusss bener. Ada yang di online marketplace tempat kita belanja sehari2, ada pula yang ndompleng di aplikasi ojol.
    Memang sangat menggoda buat yang kepengen banget membeli sesuatu engan cepat.
    Tapi lagi2 control tu ada di tangan dan pikiran kita. Kudu sadar akan konsekuensinya saat mulai nyoba apply aplikasi pinjol ini ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Pledge to God, Drama Korea yang Menyayat Hati

Anneyeong haseo chingu , Kali ini, aku mau share tentang  A Pledge to God , Drama Korea yang Menyayat Hati. Awalnya iseng, cari-cari di Viu karena udah bosen dengan drakor yang hits kayak Crash Landing on You (CLOY) dan The World of Married . Gak sengaja, benar-benar lagi iseng-iseng aja scroll daftar drakor di VIU, eh tau-tau muncul A Pledge to God. Padahal ini bukan drama baru karena mulai tayang ( kalo aku mulai tayang ama dia kapan ya? wkwk ) di MBC TV Korea selatan pada 24 November 2018. Baca sekilas sinopsisnya langsung jatuh cinta dan penasaran dengan jalan ceritanya. Cover A Pledge to God (Sumber: Asianwiki.com) Aku suka banget drakor yang sedih binti mengharukan gitu. Terngiang-ngiang sama ceritanya Endless Love (Autumn in My Heart ). Film yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin benar-benar everlasting story deh. Mau nonton berapa kali juga ujung-ujungnya mewek. Nah sama nih, nonton drakor ini juga bawaannya pengen mewek. Oke cukup, yuk lanjut

Review Produk Terbaru Implora 2024

Hai semua, Aku yakin nih, kalian pasti sudah tahu brand Implora kan? Namun, kalian udah tahu belum kalau Implora mengeluarkan produk baru? Penasaran gak nih? Oke, aku spill nih produk barunya yaitu Implora Cleansing Face and Body Bar Soap yang merupakan sabun untuk membersihkan wajah dan badan. Produk baru Implora ini memang wajib diulas karena bagus banget manfaatnya untuk kulit. Jujur, awalnya aku agak skeptis karena zaman now kok face wash berupa sabun batang. Eh tapi aku penasaran juga sih karena Implora termasuk brand yang cukup terkenal dan banyak yang bilang bagus jadinya aku tertarik untuk cobain. Yuk simak review produk terbaru Implora 2024 ini. Kenalan dengan Cleansing Face and Body Bar Sesuai dengan namanya, sabun batang ini memang mampu membersihkan wajah dan badan. Bukan itu saja, sabun ini juga membuat kulit menjadi lembap dan segar seharian. Produk dengan berat netto 60 gr ini tentu saja sudah mendapat izin BPOM dengan n omor BPOM yang tercantum pada kemasan.

Eksotisme Karang Bolong di Mbawana Sumba

Hi travelers, Pasti sudah tau kan betapa eksotisnya Sumba? Aku mau rekomendasi pantai yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Mbawana karena ada eksotisme karang bolong di Mbawana Sumba. Simak ulasan singkatnya yuk! Pantai Mbawana yang Eksotis Pantai Mbawana atau Pantai Bwanna adalah salah satu pantai eksotis di Sumba yang digemari oleh para wisatawan domestik dan asing. Oleh sebab itu, pantai ini masuk nominasi Anugerah Indonesia II pada tahun 2017 dengan kategori tujuan wisata baru yang paling populer. Ciri khas dari pantai ini adalah batu karang besar yang bolong. Pemandangan matahari terbenam akan terlihat sangat indah dari lubang besar pada karang besar yang ada di pantai ini. Amazing sunset ! Pantai yang berada di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, NTT ini ternyata berjarak sekitar 59 km dari Bandara Tambolaka. Pantai ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dengan pemandangan yang sangat menawan selama perjalanan. Setelah menempuh perjalanan jauh nan indah, kita akan disuguhkan juga denga